Tes Kebugaran Calon Jamaah Haji di Kecamatan Dusun Timur

Kepala UPTD Puskesmas Tamiang Layang Kecamatan Dusun Timur, melalui Pengelola Program Kesehatan Olah Raga Puskesmas Tamiang Layang Nia Fitra,AMG membuka pelaksanaan tes kebugaran bagi calon jamaah haji Kecamatan Dusun Timur tahun 2020, bertempat di Halaman UPTD Puskesmas Tamiang Layang, jl. Manunggal No.33 Tamiang Layang, Sabtu 01 Februari 2020.

 

Pengelola Program Kesehatan Olahraga Nia Fitra, AMG mengungkapkan, tes kebugaran ini merupakan rangkaian pelaksanaan jamaah haji. Selamat kepada ibu bapak yang telah diberikan kesempatan oleh Allah SWT menjadi jamaah calon haji dari Kec. Dusun Timur untuk menunaikan rukun islam yang kelima pada musim haji tahun 2020 ini.

“Kita semua yang mendapat kesempatan patut bersyukur, karena masih banyak diantara saudara-saudara kita yang seharusnya berangkat pada tahun ini, akan tetapi harus tertunda keberangkatannya karena sesuatu dan lain hal. Untuk itu, kepada bapak ibu yang telah diberikan kesempatan agar menyiapkan diri dalam melaksanakan ibadah ,”ungkapnya.

Ibadah haji adalah rangkaian ibadah yang memerlukan kesehatan,kebugaran tubuh disamping kesiapan finansial dan mental serta kesiapan pengetahuan dan pemahaman mengenai rangkaian ibadah. “Tes kebugaran ini bertujuan memonitoring kesehatan calon jamaah haji,”jelasnya.

Kebugaran merupakan salah satu di antara berbagai faktor yang menentukan derajat kesehatan. Kebugaran tidak semata-mata dinilai secara fisik tetapi meliputi seluruh tubuh, pikiran dan emosi. Kebugaran fisik dapat mencegah atau mengobati banyak bersifat kemunduran kondisi kesehatan yang dihasilkan oleh gaya hidup tidak sehat atau penuaan.

Selanjutnya kebugaran fisik sangat penting untuk membantu meminimalkan masalah kesehatan seperti gangguan jantung dan obesitas yang semuanya dapat mempengaruhi kehidupan dan fungsi pekerjaan sehari hari. Salah satu tes kemampuan itu adalah Tes Kebugaran dengan metode tes jalan Rockport.

“Tes Jalan Rockport merupakan salah satu metode yang biasa dipakai untuk menilai kesanggupan kardiovaskuler saat beraktivitas fisik dengan mengestimasi kapasitas aerobik. Orang yang dites diminta berjalan secepat mungkin (sesuai kesanggupan) sejauh 1600 meter (1.6 KM), lalu dihitung waktu tempuhnya (dalam menit) dan denyut nadinya dalam satu menit. Tes ini dapat dilakukan pada semua orang, baik pria maupun wanita, setelah dinyatakan aman untuk melakukannya oleh petugas kesehatan,”jelasnya.

Kegiatan tes kebugaran ini dilaksanakan dua tahap, tahap pertama tingkat Kecamatan dan tahap kedua tingkat Kabupaten. Dimana tahap pertama dilakukan oleh Puskesmas di masing-masing Kecamatan di Kabupaten Barito Timur.

Kegiatan Pengukuran Kebugaran  Calon Jemaah Haji Kec. Dusun Timur Tahun 2020 oleh Puskesmas Tamiang Layang bertempat bertempat di Halaman UPTD Puskesmas Tamiang Layang. Dari 46 jumlah calon jemaah haji yang terdiri dari calon jamaah laki-laki berjumlah 22, dan calon jemaah perempuan berjumlah 24 orang Kec. Dusun Timur yang akan diberangkatkan, yang mengikuti tes pengukuran kebugaran  jasmani adalah sebanyak 35 orang, dengan rincian hasil penilaian sebagai berikut :

Cukup= 23 Orang.
Kurang = 9 Orang.
Resiko Tinggi= 3 Orang

Kegiatan kebugaran yang dilakukan diantaranya :

  1. Senam pemanasan
  2. Pendaftaran pengukuran kebugaran  calon jemaah haji
  3. Pemeriksaan tekanan darah, berat badan & tinggi badan
  4. Pengukuran kebugaran dengan Metode Rockport

 

Spread the love
  •   
  •   
  •   
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twenty − eighteen =

×

Hello!

Kalo ada pertanyaan silahkan chat via WhatsApp atau kirimkan ke email kami dinkes@baritotimurkab.go.id

× Respon Cepat Via WA