Visi dan Misi

Pembangunan kesehatan diselenggarakan berlandaskan pada dasar-dasar pembangunan kesehatan yaitu perikemanusiaan, keseimbangan, manfaat, perlindungan, penghormatan terhadap hak dan kewajiban, keadilan, gender dan non-diskriminatif dan norma-norma agama. Pembangunan kesehatan tersebut diselenggarakan untuk mencapai suatu kondisi kesehatan yang baik yang ditandai oleh penduduknya hidup dalam lingkungan dan dengan perilaku hidup sehat serta memiliki kemampuan untuk menjangkau pelayanan kesehatan yang bermutusecara adil dan merata, serta memiliki derajat kesehatan yang setinggi-tinginya di seluruh wilayah Kabupaten Barito Timur.

VISI :
MASYARAKAT BARITO TIMUR  SEHAT  YANG  MANDIRI  DAN  SEJAHTERA

Visi Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Timur tersebut mengandung makna bahwa Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Timur mampu mendorong pembangunan berwawasan kesehatan dan kemandirian masyarakat dalam mewujudkan lingkungan hidup yang sehat dan berperilaku sehat serta mampu menggerakkan semua potensi yang ada dalam menyediakan pelayanan kesehatan yang merata dan bermutu bagi semua penduduk, guna memperoleh derajat kesehatan yang optimal, sebagai perwujudan hak asasi manusia di bidang kesehatan

MISI :
1).  Meningkatkan implementasi Sistem Manajemen Mutu (SMM) dalam    memberikan pelayanan prima di Dinas Kesehatan dan UPT-nya.
2).  Menyiapkan pelayanan kesehatan yang bermutu dan terjangkau bagi semua lapisan masyarakat, serta pelayanan kesehatan yang menjangkau masyarakat rawan kesehatan.
3).  Meningkatkan sistem pembiayaan kesehatan masyarakat dan menjamin pelayanan kesehatan untuk masyarakat miskin.
4).  Meningkatkan sarana dan prasarana kesehatan termasuk sistem informasi kesehatan.
5).  Meningkatkan upaya promotif preventif dan surveilans melalui  pemberdayaan masyarakat.

Upaya untuk mencapai masyarakat Barito Timur sehat yang mandiri dan berkeadilan ditempuh melalui misi sebagai berikut :

  1. Meningkatkanderajatkesehatanmasyarakatmelaluipemberdayaanmasyarakat.
  2. Meningkatkankemandirianmasyarakatuntukhidupsehat.
  3. MeningkatkanKetersediaansumberdayamanusiakesehatan yang profesional.
  4. Meningkatkanpelayanankesehatan yang merata, bermutudanberkeadilan.