Pelaksanaan Pemberian Obat Pencegahan Massal (POMP) Cacingan di Kabupaten Barito Timur

POMP Kecacingan

[:id]POMP Kecacingan[:]

Cacingan merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi cacing dalam tubuh manusia yang ditularkan melalui tanah dan masih menjadi masalah kesehatan masyarakat di Indonesia karena berjangkit disebagian besar wilayah Indonesia dan dapat mengakibatkan menurunnya kondisi kesehatan, gizi, kecerdasan dan produktifitas penderitanya sehingga secara  ekomoni banyak menyebabkan kerugian, cacingan menyebabkan kehilangan karbohidrat dan protein serta kehilangan darah, sehingga menurunkan kualitas sumber daya manusia.

Kabupaten Barito Timur merupakan salah satu daerah lokus stunting dari 100 kabupaten kota. Stunting adalah salah satu keadaan dimana tinggi badan anak lebih pendek dari pada tinggi badan anak  pada umumnya atau dengan kata lain adalah anak yang tumbuhnya tidak maksimal akibat dari kekurangan gizi kronis sehingga anak terlalu pendek untuk usianya. Keadaan ini dapat terjadi sejak dalam kandungan dan akan nampak pada usia 2 tahun.

Pemberian Obat Pencegahan Massal  yang selanjutnya disebut POPM Cacingan adalah pemberian obat yang dilakukan untuk mematikan cacing secara serentak kepada semua penduduk sasaran di wilayah Kabupaten Barito Timur yaitu penduduk sasaran usia 1-12 tahun dan kepada ibu hamil dengan gejala anemia yang hasil pemeriksaan cacing positif telur cacing.

Dalam penanggulangan stunting pembagian obat cacing berbarengan dengan pemberian vitamin A yaitu bulan Februari dan Agustus yang di integrasikan pada anak usia sekolah di SD/MI dengan kegiatan UKS dan anak balita dengan pemberian vitamin A di posyandu.

Spread the love
  •   
  •   
  •   
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 + 6 =

×

Hello!

Kalo ada pertanyaan silahkan chat via WhatsApp atau kirimkan ke email kami dinkes@baritotimurkab.go.id

× Respon Cepat Via WA