PROGRAM KIA TERINTEGRASI, UPTD PUSKESMAS EDISON JAAR

Salah satu kegiatan yang dilakukan dalam mendukung salah satu dari 12 Indikator Keluarga Sehat yaitu meningkatkan penyediaan dan pemanfaatan Buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA). Dalam hal meningkatkan penyediaan dan pemanfaatan Buku KIA, Kementerian Kesehatan melalui Direktorat Kesehatan Keluarga menggagas program Kelas Ibu, yang mana Kelas Ibu tersebut dibagi menjadi Kelas Ibu Hamil dan Kelas Ibu Balita.

Kelas Ibu merupakan kegiatan terencana sesuai kebutuhan untuk membahas materi Buku KIA secara diskusi dalam kelompok dan tukar pengalaman antara ibu, yang difasilitasi petugas kesehatan. Lebih dalam, Kelas Ibu Hamil adalah, Kegiatan bagi ibu hamil, berdiskusi & tukar pengalaman utk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tentang kehamilan, persalinan, perawatan nifas & perawatan bayi baru lahir melalui praktek dengan menggunakan Buku KIA yg difasilitasi petugas kesehatan.

Seperti halnya yang dilakukan pada UPTD Puskesmas Edison Jaar melalui salah satu kegiatan program Kesehatan Ibu dan Anak yaitu Kelas Ibu Hamil. Ibu Yohana Verawaty, A.Md.Keb selaku Bidan Koordinator UPTD Puskesmas Edison Jaar bersama dengan Bidan Polindes Desa Maragut melaksakan kegiatan tersebut di Desa Maragut beberapa waktu yang lalu, dan kelas ibu hamil ini juga terintegrasi dengan petugas laboratorium dan perawat gigi dari puskesmas Edison Jaar yang ikut serta dalam kegiatan tersebut. Kegiatan diisi dengan penyuluhan tentang kesehatan pada ibu hamil yang disampaikan oleh bidan koordinator bersama dengan tenaga promosi kesehatan. Serta pemeriksaan Haemoglobin dan golongan darah dan pemeriksaan gigi ibu hamil.

Konsep yang diberikan pada kelas ibu ini adalah, menggunakan Buku KIA sebagai referensi utama, pendekatan belajar orang dewasa, metode partisipatif interaktif disertai praktek melalui tanya-jawab, peragaan-praktek (posisi menyusui, membuat menu bergizi, stimulasi perkembangan), curah pendapat, penugasan dan simulasi PHBS, dan sebagainya. Tujuan dari pelaksanaan kelas ibu di Desa Maragut ini yaitu untuk meningkatkan pengetahuan, merubah sikap dan perilaku ibu tentang kesehatan ibu hamil, bersalin dan nifas serta tumbuh kembang balita yg optimal, sehingga output yang didapatkan pada akhir kegiatan ini adalah ibu hamil mampu meningkatkan pemanfaatan Buku KIA.

Spread the love
  •   
  •   
  •   
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

14 + nine =

×

Hello!

Kalo ada pertanyaan silahkan chat via WhatsApp atau kirimkan ke email kami dinkes@baritotimurkab.go.id

× Respon Cepat Via WA